Cari artikel di situs ini

Kelas String

Versi ramah cetakVersi ramah cetak

Nilai suatu String adalah objek. Objek ini berisi rangkaian huruf yang membentuk string. Objek tersebut juga berisi subrutin. Misalnya length adalah fungsi yang menghitung panjang suatu string, atau jumlah karakter dalam suatu string. Misalnya string str yang dideklarasikan sebagai berikut :

String str;
str = "Hari ini cerah sekali!"

Untuk menghitung jumlah karakter dalam string str, panggil fungsi str.length() yang keluarannya bertipe int. Fungsi ini tidak membutuhkan parameter. Fungsi length merupakan anggota kelas String dan dapat digunakan oleh semua data yang bertipe String. Dan juga bisa digunakan oleh literal string, misalnya program berikut menghitung jumlah karakter dalam string "Indonesia Raya" :

System.out.print("Jumlah karakter dalam \"Indonesia Raya\" adalah ");
System.out.print("Indonesia Raya".length());
System.out.println(" karakter");

Kelas String memiliki beberapa fungsi di antaranya :

  • s1.equals(s2) adalah fungsi yang mengembalikan nilai boolean (true atau false). Fungsi ini akan menghasilkan true jika s2 sama dengan s1, dan salah jika tidak. Kesamaan yang diuji adalah kesamaan persis baik kapitalnya maupun urutan huruf-hurufnya.
  • s1.equalsIgnoreCase(s2) juga menghasilkan nilai boolean yang menguji apakah string s2 sama dengan s1 dengan tidak membandingkan kapitalnya. "Kucing".equalsIgnoreCase("kucing") menghasilkan true.
  • s1.length(). Seperti diulas sebelumnya, fungsi ini menghitung jumlah karakter dalam string s1.
  • s1.charAt(N). N adalah integer (bilangan bulat). Fungsi ini mengembalikan karakter ke-N dari string s1. Karakter pertama dihitung sebagai posisi ke-0. s1.charAt(0) berarti mengambil karakter pertama, sedangkan s1.charAt(1) berarti mengambil karakter ke-2, dan seterusnya. Karakter terakhir memiliki indeks s1.length() - 1. Fungsi ini akan mengeluarkan pesan kesalahan apabila N bernilai negatif atau lebih besar dari s1.length() - 1.
  • s1.substring(N,M), di mana N dan M bilangan bulat. Fungsi ini mengambil potongan string antara karakter ke-N hingga karakter M-1. Catatan bahwa karakter ke-M tidak ikut diambil. Misalnya, "jalan layang".substring(1,4) menghasilkan "ala".
  • s1.indexOf(s2) mengembalikan nilai integer. Fungsi ini mencari string s2 di dalam string s1, dan apabila ditemukan mengembalikan posisi awal s2 di dalam s1. Jika tidak ditemukan, fungsi ini akan mengembalikan -1. Fungsi ini bisa juga digunakan untuk mencari string s2 dalam s1 setelah posisi ke-N dalam string s1. Misalnya, "kelapa muda".indexOf("a") menghasilkan 3, sedangkan "kelapa muda".indexOf("a",6) menghasilkan 10.
  • s1.compareTo(s2) membandingkan s2 dan s1. Jika s1 dan s2 sama, hasilnya 0. Jika s1 kurang dari s2, hasilnya bilangan negatif , dan jika s1 lebih besar dari s2, hasilnya bilangan positif. "Kurang dari" atau "lebih dari" mengacu pada urutannya dalam abjad jika keduanya huruf kecil atau keduanya huruf besar. Jika kapitalnya berbeda, perbandingannya bergantung pada nilai ASCII-nya.
  • s1.toUpperCase() adalah fungsi untuk mengubah seluruh huruf dalam s1 menjadi huruf besar.
  • s1.toLowerCase() berfungsi untuk mengubah huruf dalam s1 menjadi hurug kecil.
  • s1.trim() adalah berfungsi menghapus karakter yang tak bisa dicetak, misalnya spasi, baris baru, enter, yang ada sebelum atau sesudah suatu kalimat. Misalnya "  selamat pagi bu  ".trim() menghasilkan "selamat pagi bu".

Untuk s1.toUpperCase(), s1.toLowerCase(), s1.trim() nilai s1 tidak berubah. Fungsi ini melakukan perhitungan kemudian mengembalikan string baru hasil perhitungan tersebut.

Kita bisa juga menggunakan tanda + menyambung 2 string. Misalnya "mata" + "hari" menjadi "matahari". Nilai yang dapat disambungkan bukan hanya string dan string, tetapi juga string dan angka, misalnya "jalan" + 2 menjadi "jalan2".

Komentar

nanya

mohon bantuannya dong.

misalkan kalimat ini "nama saya"

dijadikan "n_ma _aya" gimana ya?

jd nanti huruf "a" dan "s" nya di inputkan.? ^_^

Terima Kasih

Kalau membaca per kata bisa gak kak?

Mohon bantuannya.

Tanya

tolong dong jelasin script yang outpunya bisa begini
input : anak sehat
output : 4n4k 53h4t

bener bener bingung nih..

pembalik

klo mau membalik kalimat surabaya hijau

menjadi : ayabarus uajih

gimana?

pembalik dengan C

saya coba menjawab, tapi saya implementasi dalam bahasa C.. hehe baru soalnya d java..

kalo d bahasa C menggunakan fungsi loop;

int A[] = {s,u,r,a,b,a,y,a,h,i,j,a,u}; //seperti pada java untuk mengambil string yg pertama di mulai dari 0

int B;

//loop

For(B=12; B>=0; B--); //B menjadi pemisalan karakter yg diambil, karena cetakan terbalik B d loop dari karakter yg ke 12/yg terakhir dan berakhir d karakter ke 0/yg pertama

printf(%i, A[B]); //fungsi tampil

saya yakin d Java akan lebih simple..

 

Wassalam..

bisa bantuin gak

gimana cara ngubah sebuah huruf atau kalimat

setiap huruf punya terjemahan tersendiri dan input menggunakan scanner

yang outputnya kayak gini:

masukan kata/kalimat:  selamat

hasil : aonhyhk

 

tolong bantuin donk......

tanya

mau tanya

kalo misalnya

String kalimat="Bangga menjadi indonesia!!!";

bagaimana  menampilkan string  jika length kalimat > 10 maka disisipkan enter????

output:

Bangga men

jadi indon

esia

 

 

 

mohon bantuannya :)

Pliss, , tlong bantuannya... :D

Normal 0 false false false MicrosoftInternetExplorer4 <!-- /* Font Definitions */ @font-face {font-family:Verdana; panose-1:2 11 6 4 3 5 4 4 2 4; mso-font-charset:0; mso-generic-font-family:swiss; mso-font-pitch:variable; mso-font-signature:536871559 0 0 0 415 0;} @font-face {font-family:Verdana-Bold; panose-1:0 0 0 0 0 0 0 0 0 0; mso-font-charset:0; mso-generic-font-family:swiss; mso-font-format:other; mso-font-pitch:auto; mso-font-signature:3 0 0 0 1 0;} /* Style Definitions */ p.MsoNormal, li.MsoNormal, div.MsoNormal {mso-style-parent:""; margin:0in; margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:12.0pt; font-family:"Times New Roman"; mso-fareast-font-family:"Times New Roman";} @page Section1 {size:8.5in 11.0in; margin:1.0in 1.25in 1.0in 1.25in; mso-header-margin:.5in; mso-footer-margin:.5in; mso-paper-source:0;} div.Section1 {page:Section1;} -->

Masukkan sebuah nama dan periksa ada berapa huruf ‘i’ dalam nama tersebut

Contoh Layout :

Inputkan Nama Anda : Sule Prikitiew

Jumlah huruf i : 3                                          

 

Inputkan Nama Anda : Aziz Gagap

Jumlah huruf i : 1

 

:: rumus apa tu yang digunakan kalau soalnya seperti yg diatas...

 pliss,, ::))

 

upik

String str1;
        int hasil = 0;
        str1 = "aziz gagap";
        for(int i=0;i<str1.length();i++)
        {
            if(str1.charAt(i) == 'i')
            {
                hasil = hasil +1;
                
            }
        }
        System.out.print("banyak huruf i = "+hasil);

//mungkin seperti itu....

tanya

mau tanya

kalo misalnya

String kalimat="Bangga menjadi indonesia!!!";

bagaimana  menampilkan string  jika length kalimat > 10 maka disisipkan enter????

output:

Bangga men

jadi indon

esia

 

 

 

mohon bantuannya :)