Cari artikel di situs ini

Koleksi dan Map

Versi ramah cetakVersi ramah cetak

Struktur data generik pada Java dapat dibagi menjadi dua kategori : koleksi dan map. Koleksi kurang lebih mirip seperti kumpulan objek-objek. Map menghubungkan objek di satu kumpulan dan objek di kumpulan lain seperti kamus yang menghubungkan definisi dengan kata atau buku telepon menghubungkan nama dan nomor telepon. Map mirip dengan apa yang kita sebut "list asosiasi" pada bagian sebelumnya.

Ada dua jenis koleksi : list dan himpunan (set). List adalah kumpulan objek di mana item-itemnya diatur secara berurutan. List memiliki item pertama, item kedua, dan seterusnya. Untuk item di dalam list, kecuali item terakhir, akan ada item yang ada di belakangnya.

Himpunan (set) adalah kumpulan objek di mana hanya ada satu objek yang bisa ada di dalam suatu himpunan.

Lihat bahwa istilah "koleksi", "list", "himpunan", dan "map" tidak menyatakan bagaimana data disimpan. List bisa diimplementasikan dalam bentuk array, list berantai, atau map yang menghubungkan elemen list dengan angka 0, 1, 2, ....

Sebetulnya istilah-istilah ini dibuat pada Java bukan dalam bentuk kelas tapi dalam bentuk interface. Interface Collection, List, Set dan Map mendefinisikan operasi dasar dari struktur data tersebut, tapi tidak menjelaskan bagaimana struktur data dan operasinya diimplementasikan.

Struktur data dan operasinya akan ditulis pada kelas yang mengimplementasikan interface tersebut. Bahkan ketika kita menggunakan kelas tersebut, kita mungkin tidak tahu bagaimana kelas tersebut diimplementasikan, kecuali kita melihat langsung pada kode sumbernya. Struktur data generik pada Java adalah tipe data abstrak (abstract data type). Mereka memiliki definisi operasi yang bisa dilakukan, dan bukan bagaimana data diatur dalam memori komputer.

Kita akan lihat kelas list, set dan map pada bagian berikut. Tapi sebelum kita sampai pada bagian itu, kita akan melihat dahulu beberapa konsep tentang operasi umum yang tersedia pada semua koleksi.