Cari artikel di situs ini

Membuat dan Menggunakan Array

Versi ramah cetakVersi ramah cetak

Jika sekumpulan data digabungkan dalam satu unit, hasilnya adalah suatu struktur data. Data struktur dapat berupa struktur yang sangat kompleks, akan tetapi dalam banyak aplikasi, data struktur yang cocok hanya terdiri dari kumpulan data berurutan. Struktur data sederhana seperti ini bisa berupa array atau record.

Istilah "record" sebetulnya tidak digunakan pada Java. Suatu record pada intinya mirip dengan objek pada Java yang hanya memiliki variabel instansi tanpa metode instansi. Beberapa bahasa pemrograman lain yang tidak mendukung objek biasanya mendukung record. Dalam bahasa C yang bukan bahasa berorientasi objek, misalnya, memiliki tipe data record, dimana pada C disebut "struct". Data pada record -- dalam Java, adalah variabel instansi suatu objek -- disebut field suatu record. Masing-masing item disebut nama field. Dalam Java, nama field adalah nama variabel instansi. Perbedaan sifat dari suatu record adalah bahwa item pada record dipanggil berdasarkan namanya, dan field yang berbeda dapat berupa tipe yang berbeda. Misalnya, kelas Orang didefisikan sebagai :

class Orang {
    String nama;
    int nomorID;
    Date tanggalLahir;
    int umur;
}

maka objek dari kelas Orang bisa disebut juga sebagai record dengan 4 field. Nama fieldnya adalah nama, nomorID, tanggalLahir dan umur. Lihat bahwa tipe datanya berbeda-beda yaitu String, int, dan Date.

Karena record hanya merupakan bagian lebih kecil dari objek, kita tidak akan bahas lebih lanjut di sini.

Seperti record, suatu array adalah kumpulan item. Akan tetapi, item pada record dipanggil dengan nama, sedangkan item pada array dinomori, dan masing-masing item dipanggil besarkan nomor posisi pada array tersebut. Semua item pada array harus bertipe sama. Definisi suatu array adalah : kumpulan item bernomor yang semuanya bertipe sama. Jumlah item dalam suatu array disebut panjang array. Nomor posisi dari array disebut indeks item tersebut dalam array. Tipe dari item tersebut disebut tipe dasar dari array.

Tipe dasar suatu array bisa berupa tipe Java apa saja, baik berupa tipe primitif, nama kelas, atau nama interface. Jika tipe dasar suatu array adalah int, maka array tersebut disebut "array int". Suatu array bertipe String disebut "array String". Akan tetapi array bukan urutan int atau urutan String atau urutan nilai bertipe apapun. Lebih baik jika array adalah urutan variabel bertipe int atau String atau tipe lainnya.

Seperti biasa, ada dua kemungkinan kegunaan variabel : sebagai nama suatu lokasi di memori, dan nama suatu nilai yang disimpan pada lokasi memori. Setiap posisi pada array bersifat seperti variabel. Setiap posisi dapat menyimpan nilai dengan tipe tertentu (yaitu tipe dasar array). Isinya bisa diganti kapanpun. Nilai tersebut disimpan di dalam array. Array merupakan kontainer bukan kumpulan nilai.

Item pada array (maksudnya setiap anggota variabel dalam array tersebut) sering juga disebut elemen array. Dalam Java, elemen array selalu dinomori mulai dari nol. Yaitu, indeks dari elemen pertama suatu array adalah nol. Jika panjang array adalah N, maka indeks elemen terakhir adalah N-1. Sekali array dibuat, maka panjangnya tidak bisa diubah lagi.

Dalam Java, array adalah objek. Ada beberapa konsekuensi yang lahir dari fakta ini. Array harus dibuat dengan operator new. Variabel tidak bisa menyimpan array; variabel hanya bisa merujuk pada array. Variabel lain yang bisa merujuk array juga bisa bernilai null yang berarti ia tidak merujuk pada lokasi memori apapun. Seperti objek lain, array juga bagian dari suatu kelas, di mana seperti kelas lain adalah kelas turunan dari kelas Object. Elemen array pada dasarnya adalah variabel instansi dalam objek array, kecuali mereka dipanggil dalam indeksnya bukan namanya.

Meskipun array berupa objek, ada beberapa perbedaan antara array dan objek lainnya, dan ada beberapa fitur khusus Java untuk membuat dan menggunakan array.


Misalnya A adalah variabel yang merujuk pada suatu array. Maka indeks k di dalam A bisa dipanggil dengan A[k]. Item pertama adalah A[0], yang kedua adalah A[i], dan seterusnya. A[k] adalah suatu variabel dan bisa digunakan seperti variabel lainnya. Kita bisa memberinya nilai, bisa menggunakannya dalam ekspresi, dan bisa diberikan sebagai parameter pada subrutin. Semuanya akan didiskusikan di bawah nanti. Untuk sekarang ingat sintaks berikut

variabel_array [ekspresi_integer]

untuk merujuk pada suatu array.

Meskipun setiap array merupakan suatu objek, kelas array tidak harus didefinisikan sebelumnya. Jika suatu tipe telah ada, maka kelas array dari tipe tersebut otomatis ada. Jika nama suatu tipe adalah TipeDasar, maka nama kelas arraynya adalah TipeDasar[]. Artinya, suatu objek yang diciptakan dari kelas TipeDasar[] adalah array dari item yang tiap itemnya bertipe TipeDasar. Tanda kurung "[]" dimaksudkan untuk mengingat sintaks untuk mengambil item di dalam suatu array. "TipeDasar[]" dibaca seperti "array TipeDasar". Mungkin perlu juga dijelaskan bahwa jika KelasA adalah kelas turunan dari KelasB maka KelasA[] otomatis menjadi kelas turunan KelasB[].

Tipe dasar suatu array dapat berupa tipe apapun yang ada atau sudah didefinisikan pada Java. Misalnya tipe primitif int akan diturunkan kelas array int[]. Setiap elemen di dalam array int[] adalah variabel yang memiliki tipe int dan bisa diisi dengan nilai dengan tipe int. Dari kelas yang bernama String diturunkan tipe array String[]. Setiap elemen di dalam array String[] adalah variabel dengan tipe String, yang bisa diisi dengan nilai bertipe String. Nilai ini bisa null atau referensi ke objek yang bertipe String (dan juga kelas turunan dari String)

Mari kita lihat contoh lebih konkrotnya menggunakan array bilangan bulat sebagai contoh pertama kita. Karena int[] adalah sebuah kelas, maka kita bisa menggunakannya untuk mendeklarasikan variabel. Misalnya,

int[] daftar;

yang membuat variabel bernama daftar dengan tipe int[]. Variabel ini bisa menunjuk pada array int, akan tetapi nilai awalnya adalah null (jika merupakan variabel anggota suatu kelas) atau tak tentu (jika merupakan variabel lokal di dalam suatu metode). Operator new digunakan untuk membuat objek array baru, ayng kemudian bisa diberikan kepada daftar. Sintaksnya sama seperti sintaks sebelumnya, yaitu :

daftar = new int[5];

membuat array 5 buah integer. Lebih umum lagi, konstruktor "new TipeDasar[N]" digunakan untuk membuat array bertipe TipeDasar[]. Nilai N di dalam kurung menyatakan panjang array, atau jumlah elemen yang bisa ditampung. Panjang array adalah variabel instansi di dalam objek array, sehingga array tahu berapa panjangnya. Kita bisa mendapatkan panjang suatu array, misalnya daftar menggunakan daftar.length (akan tetapi kita tidak bisa mengubahnya)

Hasil dari pernyataan "daftar = new int[5];" dapat diilustrasikan sebagai berikut

Ilustrasi array int

Perlu dicatat bahwa array integer secara otomatis diisi dengan nol. Dalam Java, array yang baru dibuat akan selalu diisi dengan nilai tertentu: nol untuk angka, false untuk boolean, karakter dengan nilai Unicode 0 untuk char dan null untuk objek.

Elemen di dalam array daftar dapat dirujuk dengan daftar[0], daftar[1], daftar[2], daftar[3], dan daftar[4] (ingat juga bahwa nilai indeks terbesar adalah panjangnya array dikurang satu). Akan tetapi, referensi array sebetulnya lebih umum lagi. Tanda kurung di dalam referensi array bisa berisi ekspresi apapun yang nilainya suatu integer. Misalnya jika idks adalah variabel bertipe int, maka daftar[idks] dan daftar[2*idks+3] secara sintaks benar.

Contoh berikut akan mencetak semua isi integer di dalam array daftar ke layar :

for (int i = 0; i < daftar.length; i++) {
    System.out.println( daftar[i] );
}

Perulangan pertama adalah ketika i = 0, dan daftar[i] merujuk pada daftar[0]. Jadi nilai yang disimpan pada variabel daftar[0] akan dicetak ke layar. Perulangan kedua adalah i = 1, sehingga nilai daftar[i] dicetak. Perulangan berhenti setelah mencetak daftar[4] dan i menjadi sama dengan 5, sehingga kondisi lanjutan "i < daftar.length" tidak lagi benar. Ini adalah contoh umum dari menggunakan perulangan untuk mengolah suatu array.

Penggunaan suatu variabel dalam suatu program menyatakan lokasi di memori. Pikirkan sesaat tentang apa yang akan komputer lakukan ketika ia menemukan referensi ke elemen suatu array daftar[k] ketika program berjalan. Komputer harus menentukan lokasi memori di mana ia dijadikan referensi. Untuk komputer, daftar[k] berarti : "Ambil pointer yang disimpan di dalam variabel daftar. Ikuti pointer ini untuk mencari objek array. Ambil nilai k. Pergi ke posisi ke-k dari array tersebut, dan di sanalah alamat memori yang Anda ingin."

Ada dua hal yang bisa salah di sini. Misalnya nilai daftar adalah null. Dalam kasus ini, maka daftar tidak memiliki referensi sama sekali. Percobaan merujuk suatu elemen pada suatu array kosong adalah suatu kesalahan. Kasus ini akan menampilkan pesan kesalahan "pointer kosong". Kemungkinan kesalahan kedua adalah jika daftar merujuk pada suatu array, akan tetapi k berada di luar rentang indeks yang legal. Ini akan terjadi jika k < 0 atau jika k >= daftar.length. Kasus ini disebut kesalahan "indeks array keluar batas". Ketika kita menggunakan array dalam program, kita harus selalu ingat bahwa kedua kesalahan tersebut mungkin terjadi. Dari kedua kasus di atas, kesalahan indeks array keluar batas adalah kesalahan yang lebih sering terjadi.


Untuk suatu variabel array, seperti variabel lainnya, kita bisa mendeklarasikan dan mengisinya dengan satu langkah sekaligus, misalnya :

int[] daftar = new int[5];

Jika daftar merupakan variabel lokal dalam subrutin, maka perintah di atas akan persis sama dengan dua perintah :

int[] daftar;
daftar = new int[5];

(Jika daftar adalah variabel instansi, tentukan kita tidak bisa mengganti "int[] daftar = new int[5];" dengan "int[] daftar; daftar = new int[5];" karena ini hanya bisa dilakukan di dalam subrutin)

Array yang baru dibuat akan diisi dengan nilai awal yang tergantung dari tipe dasar array tersebut seperti dijelaskan sebelumnya. Akan tetapi Java juga menyediakan cara untuk memberi isi array baru dengan daftar isinya. Dalam pernyataan yang untuk membuat array, ini bisa dilakukan dengan menggunakan penginisialiasi array (array initializer), misalny :

int[] daftar = { 1, 4, 9, 16, 25, 36, 49 };

akan membuat array baru yang berisi 7 nilai, yaitu 1, 4, 9, 16, 25, 36, dan 49, dan mengisi daftar dengan referensi ke array baru tersebut. Nilai daftar[0] berisi 1, nilai daftar[1] berisi 4, dan seterusnya. Panjang daftar adalah 7, karena kita memberikan 7 nilai awal kepada array ini.

Suatu penginisialisasi array memiliki bentuk daftar angka yang dipisahkan dengan koma dan diapit dengan tanda kurung kurawal {}. Panjang array tersebut tidak perlu diberikan, karena secara implisit sudah bisa ditentukan dari jumlah daftar angkanya. Elemen di dalam penginisialisasi array tidak harus selalu berbentuk konstanta. Juga bisa merupakan variabel atau ekspresi apa saja, asalkan nilainya bertipe sama dengan tipe dasar array tersebut. Misalnya, deklarasi berikut membuat array dari delapan jenis Color beberapa warna telah dibentuk dengan ekspresi "new Color(r,g,b);"

Color[] palette =
{
    Color.black,
    Color.red,
    Color.pink,
    new Color(0,180,0),  // hijau gelap
    Color.green,
    Color.blue,
    new Color(180,180,255),  // biru muda
    Color.white
};

Inisialisasi array bentuk seperti ini hanya bisa digunakan dalam deklarasi suatu variabel baru, akan tetapi tidak bisa digunakan seperti operator pemberi nilai (=) di tengah-tengah suatu program. Akan tetapi ada cara lain yang bisa digunakan sebagai pernyataan pemberian nilai atau diberikan ke dalam subrutin. Yaitu menggunakan jenis lain dari operator new untuk membuat atau menginisialisasi objek array baru. (Cara ini agak kaku dengan sintaks aneh, seperti halnya sintaks kelas anonim yang telah didiskusikan sebelumnya). Misalnya untuk memberi nilai kepada suatu variabel daftar, kita bisa menggunakan :

daftar = new int[] { 1, 8, 27, 64, 125, 216, 343 };

Sintaks umum dari bentuk operator new seperti ini adalah

new TipeDasar [ ] { daftar_nilai_nilai }

Ini adalah suatu ekspresi yang isinya merupakan objek, dan bisa digunakan untuk banyak situasi di mana suatu objek dengan tipe TipeDasar dipentingkan. Misalnya buatTombol merupakan metode yang mengambil array String sebagai parameter, maka kita bisa menuliskan

buatTombol( new String[] { "Stop", "Jalan", "Berikut", "Sebelum" } );

Catatan terakhir : untuk alasan sejarah, maka deklarasi

int[] daftar;

akan bernilai sama dengan

int daftar[];

di mana sintaks tersebut digunakan dalam bahasa C dan C++. Akan tetapi sintaks alternatif ini tidak begitu masuk akan dalam Java, atau mungkin lebih baik dihindari. Lagian, maksudnya adalah mendeklarasikan variabel dengan tipe tertentu dan namanya adalah int[]. Akan lebih masuk akan untuk mengikuti siintaks "nama_tipe nama_variabel" seperti pada bentuk bertama.

Komentar

gan bisa ksih tau caranya buat range golongan dan gaji dg array?

gan bisa ksih tau caranya buat range golongan dan gaji dg array?

ane dpt tugas dari dosen suruh buat range gaji sama golongan pake array di netbeans.

tolong pencerahannya. untuk jawabannya ane ucapin terima kasih.

penjumlahan array

 

<span class="kw1" style="line-height: 13px !important; color: #000000; font-weight: bold;">kakak,mau tanya nih...kenapa ya code ini ga jalan....waktu di input 4 ga bisa??? :( mohon bantuannya</span>
<span class="kw1" style="line-height: 13px !important; color: #000000; font-weight: bold;">import</span> <span class="co2" style="line-height: 13px !important; color: #006699;">java.math.BigInteger</span><span class="sy0" style="line-height: 13px !important; color: #339933;">;</span>
<span class="kw1" style="line-height: 13px !important; color: #000000; font-weight: bold;">import</span> <span class="co2" style="line-height: 13px !important; color: #006699;">java.util.Scanner</span><span class="sy0" style="line-height: 13px !important; color: #339933;">;</span>
 
<span class="kw1" style="line-height: 13px !important; color: #000000; font-weight: bold;">class</span> Main <span class="br0" style="line-height: 13px !important; color: #009900;">{</span>
        <span class="kw1" style="line-height: 13px !important; color: #000000; font-weight: bold;">public</span> <span class="kw1" style="line-height: 13px !important; color: #000000; font-weight: bold;">static</span> <span class="kw4" style="line-height: 13px !important; font-weight: bold;">void</span> main<span class="br0" style="line-height: 13px !important; color: #009900;">(</span><a style="color: #000060;" href="http://www.google.com/search?hl=en&q=allinurl%3Astring+java.sun.com&btnI=I%27m%20Feeling%20Lucky"><span class="kw3" style="line-height: 13px !important; color: #003399;">String</span></a><span class="br0" style="line-height: 13px !important; color: #009900;">[</span><span class="br0" style="line-height: 13px !important; color: #009900;">]</span> args<span class="br0" style="line-height: 13px !important; color: #009900;">)</span>
        <span class="br0" style="line-height: 13px !important; color: #009900;">{</span>
            <span class="kw4" style="line-height: 13px !important; font-weight: bold;">int</span> a,i,d,t<span class="sy0" style="line-height: 13px !important; color: #339933;">;</span>
            <a style="color: #000060;" href="http://www.google.com/search?hl=en&q=allinurl%3Abiginteger+java.sun.com&btnI=I%27m%20Feeling%20Lucky"><span class="kw3" style="line-height: 13px !important; color: #003399;">BigInteger</span></a> b<span class="br0" style="line-height: 13px !important; color: #009900;">[</span><span class="br0" style="line-height: 13px !important; color: #009900;">]</span><span class="sy0" style="line-height: 13px !important; color: #339933;">;</span>
            b<span class="sy0" style="line-height: 13px !important; color: #339933;">=</span> <span class="kw1" style="line-height: 13px !important; color: #000000; font-weight: bold;">new</span> <a style="color: #000060;" href="http://www.google.com/search?hl=en&q=allinurl%3Abiginteger+java.sun.com&btnI=I%27m%20Feeling%20Lucky"><span class="kw3" style="line-height: 13px !important; color: #003399;">BigInteger</span></a><span class="br0" style="line-height: 13px !important; color: #009900;">[</span><span class="nu0" style="line-height: 13px !important; color: #cc66cc;">10005</span><span class="br0" style="line-height: 13px !important; color: #009900;">]</span><span class="sy0" style="line-height: 13px !important; color: #339933;">;</span>
            d<span class="sy0" style="line-height: 13px !important; color: #339933;">=</span><span class="nu0" style="line-height: 13px !important; color: #cc66cc;">2</span><span class="sy0" style="line-height: 13px !important; color: #339933;">;</span>t<span class="sy0" style="line-height: 13px !important; color: #339933;">=</span><span class="nu0" style="line-height: 13px !important; color: #cc66cc;">3</span><span class="sy0" style="line-height: 13px !important; color: #339933;">;</span>
            b<span class="br0" style="line-height: 13px !important; color: #009900;">[</span><span class="nu0" style="line-height: 13px !important; color: #cc66cc;">1</span><span class="br0" style="line-height: 13px !important; color: #009900;">]</span><span class="sy0" style="line-height: 13px !important; color: #339933;">=</span><a style="color: #000060;" href="http://www.google.com/search?hl=en&q=allinurl%3Abiginteger+java.sun.com&btnI=I%27m%20Feeling%20Lucky"><span class="kw3" style="line-height: 13px !important; color: #003399;">BigInteger</span></a>.<span class="me1" style="line-height: 13px !important; color: #006633;">valueOf</span><span class="br0" style="line-height: 13px !important; color: #009900;">(</span>d<span class="br0" style="line-height: 13px !important; color: #009900;">)</span><span class="sy0" style="line-height: 13px !important; color: #339933;">;</span>
            b<span class="br0" style="line-height: 13px !important; color: #009900;">[</span><span class="nu0" style="line-height: 13px !important; color: #cc66cc;">2</span><span class="br0" style="line-height: 13px !important; color: #009900;">]</span><span class="sy0" style="line-height: 13px !important; color: #339933;">=</span><a style="color: #000060;" href="http://www.google.com/search?hl=en&q=allinurl%3Abiginteger+java.sun.com&btnI=I%27m%20Feeling%20Lucky"><span class="kw3" style="line-height: 13px !important; color: #003399;">BigInteger</span></a>.<span class="me1" style="line-height: 13px !important; color: #006633;">valueOf</span><span class="br0" style="line-height: 13px !important; color: #009900;">(</span>t<span class="br0" style="line-height: 13px !important; color: #009900;">)</span><span class="sy0" style="line-height: 13px !important; color: #339933;">;</span>
            Scanner in <span class="sy0" style="line-height: 13px !important; color: #339933;">=</span> <span class="kw1" style="line-height: 13px !important; color: #000000; font-weight: bold;">new</span> Scanner<span class="br0" style="line-height: 13px !important; color: #009900;">(</span><a style="color: #000060;" href="http://www.google.com/search?hl=en&q=allinurl%3Asystem+java.sun.com&btnI=I%27m%20Feeling%20Lucky"><span class="kw3" style="line-height: 13px !important; color: #003399;">System</span></a>.<span class="me1" style="line-height: 13px !important; color: #006633;">in</span><span class="br0" style="line-height: 13px !important; color: #009900;">)</span><span class="sy0" style="line-height: 13px !important; color: #339933;">;</span>
            a<span class="sy0" style="line-height: 13px !important; color: #339933;">=</span> in.<span class="me1" style="line-height: 13px !important; color: #006633;">nextInt</span><span class="br0" style="line-height: 13px !important; color: #009900;">(</span><span class="br0" style="line-height: 13px !important; color: #009900;">)</span><span class="sy0" style="line-height: 13px !important; color: #339933;">;</span>
            <span class="kw1" style="line-height: 13px !important; color: #000000; font-weight: bold;">for</span><span class="br0" style="line-height: 13px !important; color: #009900;">(</span>i<span class="sy0" style="line-height: 13px !important; color: #339933;">=</span><span class="nu0" style="line-height: 13px !important; color: #cc66cc;">3</span><span class="sy0" style="line-height: 13px !important; color: #339933;">;</span>i<span class="sy0" style="line-height: 13px !important; color: #339933;"><=</span>a<span class="sy0" style="line-height: 13px !important; color: #339933;">;</span>i<span class="sy0" style="line-height: 13px !important; color: #339933;">++</span><span class="br0" style="line-height: 13px !important; color: #009900;">)</span>
            <span class="br0" style="line-height: 13px !important; color: #009900;">{</span>
                b<span class="br0" style="line-height: 13px !important; color: #009900;">[</span>a<span class="br0" style="line-height: 13px !important; color: #009900;">]</span><span class="sy0" style="line-height: 13px !important; color: #339933;">=</span>b<span class="br0" style="line-height: 13px !important; color: #009900;">[</span>a<span class="sy0" style="line-height: 13px !important; color: #339933;">-</span><span class="nu0" style="line-height: 13px !important; color: #cc66cc;">1</span><span class="br0" style="line-height: 13px !important; color: #009900;">]</span>.<span class="me1" style="line-height: 13px !important; color: #006633;">add</span><span class="br0" style="line-height: 13px !important; color: #009900;">(</span>b<span class="br0" style="line-height: 13px !important; color: #009900;">[</span>a<span class="sy0" style="line-height: 13px !important; color: #339933;">-</span><span class="nu0" style="line-height: 13px !important; color: #cc66cc;">2</span><span class="br0" style="line-height: 13px !important; color: #009900;">]</span><span class="br0" style="line-height: 13px !important; color: #009900;">)</span><span class="sy0" style="line-height: 13px !important; color: #339933;">;</span>
            <span class="br0" style="line-height: 13px !important; color: #009900;">}</span>
            <a style="color: #000060;" href="http://www.google.com/search?hl=en&q=allinurl%3Asystem+java.sun.com&btnI=I%27m%20Feeling%20Lucky"><span class="kw3" style="line-height: 13px !important; color: #003399;">System</span></a>.<span class="me1" style="line-height: 13px !important; color: #006633;">out</span>.<span class="me1" style="line-height: 13px !important; color: #006633;">println</span><span class="br0" style="line-height: 13px !important; color: #009900;">(</span>b<span class="br0" style="line-height: 13px !important; color: #009900;">[</span>a<span class="br0" style="line-height: 13px !important; color: #009900;">]</span><span class="br0" style="line-height: 13px !important; color: #009900;">)</span><span class="sy0" style="line-height: 13px !important; color: #339933;">;</span>
        <span class="br0" style="line-height: 13px !important; color: #009900;">}</span>
<span class="br0" style="line-height: 13px !important; color: #009900;">}</span>

 

array

mas2 n mba2... ada contoh array dalam array g???

misalnya:

P1 = {F,D,B};

P2 = {F,A,K};

K3 = {F,C,B};

Z4 = {A,D,Z};

BAGAIMANA CARA MEMASUKKAN ARRAY YANG DIATAS KE DALAM ARRAY YANG BERURUTAN;

MISLANYA:

P[0]  = P1;

P[1]  = P2;

P[2]  = K3;

P[3]  = Z3;

SEHINGGA TGAL DIPANGGIL :

for (int i - 0;i<P.length;i++){

ss.setText(ss.getText+""+P[i]+" ");

}

//mhon pencerahnnya..

 

minta tolong

bisa bantu gak?
aku ada tugas menulis beberapa indeks yang ditentukan dalam suatu array
tapi tidak ditulis satu-satu

misal, int[] dataArray = {90,67,45,76,24,77,40,100};
indeks yang diminta untuk ditulis 0,3,5,6, int[] mintaIndeks = {0,3,5,6};
output : 90,76,77,40


terimakasih

bisa bantu gak?aku ada tugas

bisa bantu gak?
aku ada tugas menulis beberapa indeks yang ditentukan dalam suatu array.

misal, array : {90,67,45,76,24,77,40,100};
indeks yang diminta untuk ditulis 0,3,5,6
output : 90,76,77,40

terimakasih

aku punya tugas java, cuman

aku punya tugas java, cuman aku gak tau caranya mohan bantuan yah... input data: data 1= 2 data 2=3 data 3=2 outputnya: data1=2 data 2= 3 jadi data yg sama cman di tulis sekali aja....

saya memiliki hambatan dalam

saya memiliki hambatan dalam belajar array
saya di suruh memebuat
*     *
  *  *

    *

  *   *

*      *
tolong di bantu penyelesaiannya?
makasih

"upi'i"

    import

 

 

import javax.swing.JOptionPane;

 

/*

 * To change this template, choose Tools | Templates

 * and open the template in the editor.

 */

 

/**

 *

 * @author Fendy Putra

 */

public class Silang {

 

    /**

     * @param args the command line arguments

     */

    public static void main(String[] args) {

        // TODO code application logic here

        int banyak;

 

        String [][] Bentuk = new String [30][30] ;

 

        banyak=Integer.parseInt(JOptionPane.showInputDialog(null,"Masukan banyak"));

 

        for (int i=0;i<banyak;i++){

            for(int j=0;j<banyak;j++){

                if ((i==j)||(i+j==banyak-1)){

                    Bentuk [i][j]="*";

                }

                else{

                    Bentuk[i][j]=" ";

                }

                System.out.print(Bentuk[i][j]);

            }

            System.out.println();

        }

    }

 

}


 

Balasan Jawaban Script

bisa minta penjelasan nya ga dibagian array nya, kenapa 30 terutama itu, hehe, makasih

penyelesaian

 

 

import javax.swing.JOptionPane;

 

/*

 * To change this template, choose Tools | Templates

 * and open the template in the editor.

 */

 

/**

 *

 * @author Fendy Putra

 */

public class Silang {

 

    /**

     * @param args the command line arguments

     */

    public static void main(String[] args) {

        // TODO code application logic here

        int banyak;

 

        String [][] Bentuk = new String [30][30] ;

 

        banyak=Integer.parseInt(JOptionPane.showInputDialog(null,"Masukan banyak"));

 

        for (int i=0;i<banyak;i++){

            for(int j=0;j<banyak;j++){

                if ((i==j)||(i+j==banyak-1)){

                    Bentuk [i][j]="*";

                }

                else{

                    Bentuk[i][j]=" ";

                }

                System.out.print(Bentuk[i][j]);

            }

            System.out.println();

        }

    }

 

}


 

Algoritma

Salam, Java lyracc Bagaimana si mengasah algoritma seperti itu. Misal ada soal buat segitiga bintang dll.