Cari artikel di situs ini

Mengenal Bahasa Pemrograman Java

Versi ramah cetakVersi ramah cetak

Sejarah Java

Java dipelopori oleh James Gosling, Patrick Naughton, Chris Warth, Ed Frank, dan Mike Sheridan dari Sun Microsystems, Inc pada tahun 1991. Mereka membutuhkan kurang lebih 18 bulan untuk membuat versi pertamanya. Bahasa ini pada awalnya disebut “Oak” tapi kemudian diubah menjadi “Java” pada tahun 1995 karena nama Oak telah dijadikan hak cipta dan digunakan sebagai bahasa pemrograman lainnya. Antara pembuatan Oak pada musim gugur 1992 hingga diumumkan ke publik pada musim semi 1995, banyak orang yang terlibat dalam desain dan evolusi bahasa ini. Bill Joy, Arthur van Hoff, Jonathan Payne, Frank Yellin, dan Tim Lindholm merupakan kontributor kunci yang mematangkan prototipe aslinya.

Java Modern

Java telah digunakan dalam banyak hal dan telah membuktikan keberadaannya pada abad ke 21. Saat ini, Java digunakan bermacam jenis aplikasi seperti aplikasi embedded, aplikasi keuangan, desktop, simulasi pesawat, pemrosesan citra, game, aplikasi perusahaan terdistribusi yang disebut J2EE dan masih banyak lagi.

Java Virtual Machine (JVM)

Java Virtual Machine merupakan aplikasi sederhana yang ditulis dalam bahasa C untuk mengeksi program yang ditulis dalam bahasa Java. Pada saat kompilasi (perubahan dari bahasa tingkat tinggi ke bahasa lebih rendah), program tersebut diubah menjadi KODE BYTE. Kemudian pada saat eksekusi, JVM membaca kode byte tersebu dan mengubahnya menjadi bahasa mesin yang dimengerti oleh sistem operasi tempat program tersebut dijalankan.

Karena JVM sangat bergantung pada platformnya (bahasa mesin merupakan bahasa level rendah yang hanya dimengerti oleh suatu mesin tertentu, misalnya Intel, tapi tidak dapat dimengerti oleh mesin lain, seperti Macintosh), byte code ini dapat dibuat untuk terbebas dari kungkungan platform tertentu. Code byte yang dihasilkan dalam proses kompilasi bahasa Java akan selalu sama untuk setiap sistem operasi atau jenis mesinnya, tetapi JVM akan mengubah kode byte tersebut menjadi bahasa mesin tujuannya.

Just In Time Compiler (JIT)

Meskipun Java didesain untuk diinterpretasi, secara teknis tidak ada yang menghalangi Java untuk dikompilasi menjadi bahasa mesin seperti bahasa-bahasa pemrograman lainnya. Sun menyediakan kompiler Just In Time Compiler (JIT) untuk mengkompilasi kode byte itu menjadi bahasa mesinnya pada saat yang bersamaan dengan eksekusinya. Walaupun demikian, pendekatan JIT ini menghasilkan kemampuan yang lebih dibandingkan dengan interpretasi biasa.

Komentar

java berkembang pesat

java sebagai induk dari beberapa tools software

 

 

 

 

 

 

 

Mantap Min

thx yah admin udah mau ngepost yg beginisn, mudah@ han ini berguna buat generasi bangsa dan kemajuan negara kita :) 

Tua alay

makasih juga,, hhahahaha,,

semoga anak indonesia bisa berkembang pesat dalam code java,, dan pemrograman code is dream ,w,wkwkkwkwk

BELAJAR

Bantu aq ya adminn..

phina_buled

Makasih admin

Makasih bgt udah di blog bermanfaat kaya gini...
maju terus developer

Minta tolong donk Om...

Kalo mau bikin program dengan output benar/salah gimana ya Om...????

Mohon bantuan dunk buat mengerjakan PI

maaf abang2 dan kaka2 sekalian saya minta bantuanna untuk mmebuat sebuah PI,ya walau cuma ancang2 tapi saya ingin memperdalam dlo.saya hanya meminta kepda semua kakak2 dan abang2 ini untuk memberitahukan kesaya cara pembuatan game 3d yang akurat dunk hehehehe dan link nya jg ya mohon banget ni hehehe thx salam pemuda pejuang.

maaf abg2 ku dan kakak2 ku .

maaf abg2 ku dan kakak2 ku . aku butuh bantuan abg & kakak . cara download java tx

satu kata ndase mumet ga

satu kata ndase mumet ga donkkkkkk

salam

ijin belajar, para sesepuh.....

yukk

belajar sama sama...

Kursus online bikin software Accounting

Kursus online bikin Software Accounting, hanya di
wongblajar.wordpess.com

belajar dari 0

para sesepuh ajarin saya yah, siap meneriman kritikan saran, terimakasih

jangkarbiru.blogspot.com

SALAM KENAL

Guru mohon ijin jadi murid biar kelak bermanfaat,  sebenarnya saya babar blas belum faham java.....smoga tulisannya mudah saya fahami.trims

MOEHALIE

Salam Kenal Om Admin

Makasih Om ne yg sya cari2 Selama ne??

salam om Admin

salam kenal ya Om Admin,

saya pendatang baru di Java. tertarik sama java, bukan karena saya orang java :(baca jawa)

ha..ha..ha..

tapi karena ternyata java asik juga, saya mulai pindah keyakinan nih dari programming yang lama..

dulu saya ragu, tapi kini saya dengan mantap bilang:

I Love Java

SALAM KENAL

Salam Kenal semuanya................Q baru d'forum ini

mohon bimbinganx dan kerjasamax y

aku pengen belajar lebih dalam lagi tentang java Makasih

Langka....

aq dah cari buku MASTERING JAVA, tapi kog susah bgt y.....rata2 stok kosong.....kebanyakan J2ME...knp y??

can not access thread

 Pernah kejadian ngompile sebuah file tentang thread, terus ada pesan error Can not access thread. Padahal gua jalanin di 5 komputer lain gak masalah (Berhasil Programnya). Gua pake IDE JCreator 3.4, spesifikasi komputer sama semua. Apa kira-kira kesalahannya, dari segi program dijamin bener. Cuma 1 satu komputer itu yang aneh aja.

Ada bermacam-macam sebabnya

Ada bermacam-macam sebabnya :

1. Cek apakah versi JVM-nya persis sama. Versi JVM yang sama di platform (sistem operasi) yang berbeda bisa jadi berbeda. Di satu komputer bisa jadi ada beberapa JVM yang diinstall, pastikan JVM mana yang dipakai ketika menjalankan program ini. Jika tidak sama, berarti ada implementasi thread yang terlalu bergantung pada fitur JVM tertentu. Coba didebug di komputer yang bermasalah.

2. Masalah sinkronisasi. Ada kemungkinan di komputer yang bermasalah thread yang mau diakses sudah keburu mati atau belum sempat hidup/diinisialisasi karena satu dan lain hal.

SALAM KENAL

BANG SAYA INGIN BELAJAR PEMROGRAMAN TAPI AQ BISA DIKATAN SEBAGAI PEMULA YANG BELUM FAHAM SAMA SEKALI TENTANG BAHASA PEMROGRAMAN. AQ PENGEN BELAJAR TAPI G TAHU KEMANA AKU HARUS BELAJAR TANPA MASUK SISTEM PEMBELAJARAN.TOLONG SARANNYA DIKIRIM KE E-MAIL Q......TERIMAKASIH BANYAK SEBELUMNYA....SLAM