Cari artikel di situs ini

Mengkompilasi dan Membuat Program SWT Berjalan di Luar Eclipse

Versi ramah cetakVersi ramah cetak

Untuk bisa membuat program kita berguna untuk orang lain, kita harus bisa mengkompilasi dan membuat program tersebut sebagai satu "paket". Proses ini disebut menyebarkan (deploy). Pada Eclipse, program yang telah kita buat bisa kita deploy dalam format JAR (Java Archive), yang menggabungkan semua file kelas yang sudah dikompilasi beserta pustaka yang dibutuhkan untuk bisa menjalankan program tersebut.

Mari kita lihat contoh program HelloSWT yang sudah dibahas sebelumnya. Untuk men-deploy program ini sehingga bisa dijalankan di luar Eclipse, lakukan langkah-langkah berikut :

  • Klik kanan pada nama proyek Anda, kemudian pilih Export. Setelah itu kotak dialog akan terbuka. Kemudian pilih Runnable JAR File dari dalam folder Java.
  • Pilih HelloSWT - HelloSWT pada Launch configuration dan juga masukkan di mana file JAR hasilnya akan ditempatkan. Jika nama direktori tidak diberikan, Eclipse akan meletakkan file JAR tersebut pada direktori di mana workspace berada, yaitu di mana data proyek ditempatkan. (Misalnya, di komputer saya proyek HelloSWT berada pada direktori C:\belajarjava.lyracc.com\HelloSWT, maka file JAR tersebut akan diletakkan pada direktori C:\belajarjava.lyracc.com\)

  • Klik Finish, kemudian OK untuk setiap pertanyaan yang mungkin muncul berikutnya. Sekarang, gunakan Windows Explorer untuk mencari di mana file JAR hasilnya berada. Double click pada file tersebut dan Anda akan bisa menjalankannya langsung seperti aplikasi lainnya. Anda bisa juga mengirimkan file ini melalui email atau mengkopinya melalui flash disk ke teman atau kerabat Anda tanpa perlu menyertakan Eclipse.

  • CATATAN : Ingat bahwa SWT bergantung penuh pada sistem operasi yang Anda gunakan, karena SWT menggunakan widget bawaan sistem operasi seperti dijelaskan pada bagian sebelumnya. Ketika Anda membuat program ini pertama kali, Anda menambahkan pustaka SWT yang spesifik terhadap sistem operasi di mana Eclipse berjalan. Artinya, jika Anda menambahkan pustaka org.eclipse.swt.win32.win32.x86_3.4.1.v3449c, maka program JAR Anda hanya akan bisa dijalankan pada sistem operasi Windows. Untuk bisa menjalankannya pada sistem operasi lain, misalnya Linux, maka Anda harus menambahkan pustaka SWT khusus Linux yang bisa diunduh secara terpisah atau menggunakan Eclipse pada Linux.
  • Berikut ini adalah screen shot hasil jalannya program